Wednesday, June 5, 2013

Gunung Poteng, Singkawang, Kalimantan Barat

Gunung Poteng, Singkawang, Kalimantan Barat

Terletak di kawasan Cagar Alam Raya Pasi, Kecamatan Singkawang Timur, Singkawang, Kalimantan Barat. Gunung Poteng ditempuh melalui jalur Singkawang menuju Bengkayang, 25 menit perjalanan menggunakan oplet ke Dusun Sylca Poteng, dilanjutkan perjalanan dengan kendaraan roda empat atau jalan kaki sepanjang 3 Km. 

Merupakan tempat wisata alam bagi yang menyukai hobi berpetualang menjelajah hutan. Gunung ini menyimpan kekhasan flora seperti Bungai Bangkai (Amorphopallus sp), Bunga Padma Raksasa (Rafflesia Tuan Mudae), Bunga Bintang (Rizhantes Zepelii), dan aneka ragam anggrek yang dilindungi.
Beruang madu, trenggiling, dan landak adalah fauna penghuni Gunung Poteng.

Bulan November sampai dengan Januari, adalah saat yang tepat untuk berwisata sekaligus menikmati kuliner durian Poteng. Tersedia pondok-pondok penunggu durian, banyak wisatawan dari berbagai daerah berkunjung untuk menikmati buah durian asli Poteng yang memiliki kenikmatan rasa tersendiri, didukung segarnya hawa pegunungan.

Kerusakan ekosistem dan habitat disebabkan oleh penebangan liar di Gunung Poteng, menjadi masalah yang menghantui kelestarian alamnya. Keaslian dan keaneragaman hayati dari Gunung Poteng harus tetap dijaga,  potensi ini merupakan salah satu penghasilan dari wisata daerah yang dapat meningkatkan taraf hidup masyarakatnya.

Unknown

Mari berbagi cerita tentang wisata, budaya, adat istiadat, dan keindahan alam Indonesia, Indonesia tak terlupakan

0 komentar:

Post a Comment

TOS Berkomentar :
1. Berbahasa Yang Baik.
2. Tidak Saling Menghina Dan Mencaci.
3. Menghargai Karya Dan Pendapat Orang Lain.

 

Copyright @ 2013 Lensa Wisata.